Muslim Negarawan Pengukir Peradaban

Waktu terus beranjak Meninggalkan kita

26 Juni 2009

Ekstrakurikuler berperan melahirkan pemimpin masa depan

WASPADA ONLINE

MEDAN - Kegiatan ekstrakurikuler (eskul) seperti pramuka, Palang Merah Remaja (PMR), Paskibraka, olah raga maupun kesenian yang dijalani para siswa berperan sangat penting dalam melahirkan pemimpin masa depan.

Pengurus Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (Kammi) Pusat Bidang Pendidikan dan Perguruan Tinggi, Maukuf Spd, di Medan, tadi pagi, mengatakan, masyarakat sering melihat bahkan mengalami sendiri ketika masih menjadi siswa, banyak yang aktif dalam kegiatan eskul.

Tanpa disadari, aktivitas tersebut sebenarnya menjadi investasi bagi siswa untuk masa depannya, sebab banyak pemimpin negara dan pemimpin perusahaan maupun organisasi besar berasal dari siswa yang dulunya aktif mengikuti kegiatan di sekolah.

"Sebuah jajak pendapat dilakukan institut kepemimpinan dan manajemen di Inggris yang melibatkan 500 pebisnis atau manajer menyimpulkan, kebanyakan pemimpin masa depan sudah menampakkan tanda-tandanya sejak usia dini," katanya.

Ia mengatakan, dewasa ini sepertiga laki-laki yang menjadi pemimpin dulunya merupakan siswa yang aktif diberbagai kegiatan eskul seperti pramuka, sementara 42 persen perempuan yang menjadi pemimpin, dulunya juga aktif dalam berbagai kegiatan eskul.

Keikutsertaan siswa dalam kegiatan eskul sangat penting, karena berawal dari berorganisasi inilah akan melahirkan pemimpin-pemimpin masan depan bangsa. Pemimpin masa depan bangsa Indonesia adalah siswa-siswa yang sekarang lagi aktif mengikuti kegiatan eskul di sekolah-sekolah.

Dalam berorganisasi siswa tidak hanya sekedar mengikuti organisasi, tetapi dibutuhkan keseriusan dan keuletan. Dengan ini akan dapat melahirkan siswa yang mandiri, kreatif dan handal serta memiliki kemampuan untuk dapat menyelesaikan berbagai persoalan.
(dat04/ann)

Tidak ada komentar: