Muslim Negarawan Pengukir Peradaban

Waktu terus beranjak Meninggalkan kita

26 Juni 2009

Pemuda, tokoh sentral perubahan bangsa

WASPADA ONLINE

MEDAN - Tokoh pemuda Sumut, Juanda Sukma, mengatakan, pemuda merupakan unsur sentral untuk menciptakan dan melakukan perubahan di bangsa ini. Pemuda menjadi aktor terwujudnya demokrasi politik dan ekonomi di Indonesia. Sejak masa kemerdekaan dahulu, pemuda mengambil tempat tertinggi dalam catatan sejarah bangsa.

"Mari bangsa ini belajar dari sejarah, belajar dari apa yang telah dilakukan oleh para pemudanya. Selama ada peran pemuda dalam setiap proses perubahan yang terjadi di Indonesia bahkan di dunia, maka
dengan segera perubahan tersebut akan terjadi," jelasnya kepada Waspada Online, di Medan, tadi pagi.

Selain itu, dibutuhkan juga optimisme dalam diri pemuda bahwa suatu saat nanti akan muncul tokoh dari pemuda yang mampu menjadi Imam bagi perubahan bangsa ini ke arah yang lebih baik di masa yang akan datang.

"Hadits sendiri menyatakan, bahwa setiap 100 tahun sekali akan muncul sosok manusia yang mampu dengan terang dapat merubah keadaan suatu bangsa," ujar Juanda.

Harapan bangsa ini sebenarnya ialah tokoh pemudalah yang menjadi Imam bagi perubahan bangsa.

"Pemuda harus menanamkan dalam dirinya agar dapat menjadi tokoh perubahan hari ini dengan mendewasakan pikirannya sesuai dengan kebutuhan bangsa," demikian pungkasnya.
(dat02/wol-mdn)

Tidak ada komentar: